Teknik Komunikasi yang Memikat
Salah satu rekan kerja saya
menceritakan betapa dongkolnya dia tadi pagi karena dia mencoba menanyakan
contoh cara pengajuan anggaran ke kantor karena dia mendapatkan tugas untuk
melakukan penginputan data keuangan dalam aplikasi yang terbilang baru. Namun,
ketika rekan tersebut menanyakan ke salah satu pegawai, dia mendapat jawaban
bahwa tidak dapat mengirimkan data di kantor karena data di kantor pusat
meliputi semua cabang-cabangnya.
Teman tersebut sudah dapat memprediksi bahwa hal ini menjadi
kendala yang di kemudian hari menjadi penghambat penyelesaian pekerjaan.
Memang dalam tiap instansi terdapat data yang bersifat
rahasia, akan tetapi perlu yang namanya berbagi informasi. Apalagi bila yang
ditanyakan adalah contoh, sehingga tidak harus mengirimkan data secara penuh.
Sebaliknya dari rekan saya ini, saya dapat menyampaikan
bahwa kita perlu mengambil hati rekan yang lainnya sehingga ketika kita
membutuhkan sesuatu, urusan menjadi lancer. Ada orang yang tidak
mempermasalahkan ketika kita langsung-langsung saja. Ada pula yang tidak suka.
Perlu yang namanya teknik komunikasi yang disukai orang. Pada dasarnya setiap
orang senang dipuji. Maka pujilah orang dan komunikasi akan berjalan lancar.
Selain itu, perlu mengetahui teknik berbicara /
berkomunikasi yang baik sehingga apa yang disampaikan dapat dimengerti oleh
orang lain. Karena kadang, kita mau sampaikan yang lain namun yang diterima
oleh orang lain berbeda.
Posting Komentar untuk "Teknik Komunikasi yang Memikat"